WhatsApp 087763586359

Merasa Cepat Lelah? Ini Dia 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Blombers, pernah ga sih kamu ngerasa, “Duh, kenapa ya aku lelah banget?”

Yap, biasanya hampir semua orang memang sering sekali merasa kelelahan. Bahkan dalam kondisi tertentu, kelelahan ini sudah menjadi semacam rutinitas yang sering sekali terjadi pada diri kita. Kalau udah keseringan gini, kita harus buru-buru cari tau apa sih penyebabnya dan tentu saja gimana cara kita untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Siap? Yuk langsung cekidot #LombaTips hari ini!

Meskipun ada banyak kemungkinan alasan untuk kelelahan, berikut beberapa penyebab umum kelelahan:

1. Dehidrasi
Jika Anda ingin meningkatkan tingkat energi Anda, periksa terlebih dahulu apakah Anda mengalami dehidrasi. Otak manusia adalah 85% air, dan perlu mempertahankan tingkat ini untuk melakukan fungsi esensial.

Jika Anda gagal minum air yang cukup, otak mengekstraksi cairan dari darah Anda untuk mengkompensasi defisit. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah Anda turun, mengurangi jumlah oksigen yang memberi energi ke organ dan jaringan Anda. Kelelahan dan rasa kantuk sangat cepat, membuat Anda lebih rentan terhadap kecelakaan pasca-makan siang jam 2 siang yang dialami banyak dari kita.

Anda tidak dapat menyembuhkan kecelakaan ini dengan kafein – satu-satunya solusi jangka panjang yang efektif adalah minum cairan hidrasi sepanjang hari.

2. Kurang Berolahraga
Sebuah latihan pasti akan membuat Anda merasa lebih lelah, bukan? Salah! Meskipun kontraintuitif mungkin terdengar, aktivitas fisik memiliki efek energi. Menggerakkan tubuh melepaskan endorfin, meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan konsentrasi Anda.

Cobalah untuk menyesuaikan setidaknya 30 menit latihan intensitas sedang setiap hari. Paling mudah jika Anda dapat menjadikan ini bagian dari rutinitas sehari-hari, baik segera setelah Anda bangun atau setelah bekerja.

3. Diet yang Buruk
Makanan yang Anda makan memiliki dampak langsung pada kualitas tidur dan jumlah istirahat yang Anda dapatkan setiap malam. Untuk energi maksimum, tetap berpegang pada protein, karbohidrat slow-release, dan sejumlah lemak sehat (tak jenuh) yang moderat. Sebagian besar makanan Anda harus berbahan dasar tumbuhan, tinggi serat, dan rendah gula. Pilihan-pilihan ini akan mencegah fluktuasi gula darah, yang dapat membuat Anda merasa lelah.

Cara mudah untuk memastikan Anda tetap berpegang pada diet yang baik adalah melalui persiapan makanan. Mudah sekali keluar ketika Anda lelah setelah bekerja, tetapi jika Anda menyiapkan makanan untuk Anda di kulkas, Anda akan kurang tergoda oleh pizza atau keju.

Cari tahu lebih lanjut tentang persiapan makanan sehat di sini: 10 Aplikasi Perencanaan Makan yang Harus Anda Miliki Agar Lebih Sehat dengan Mudah

4. Melewatkan Sarapan
Dokter Dr. Nerina Ramlakhan menyarankan bahwa makan sarapan adalah kunci untuk mempertahankan tingkat energi yang baik sepanjang hari. Ketika Anda sarapan, Anda mengirimkan sinyal-sinyal yang menenangkan ke area otak yang bertanggung jawab untuk menghindari bahaya, bersama dengan mereka yang memerintahkan tubuh untuk menghemat energi sebanyak mungkin.

Menelan sinyal makanan ke otak Anda bahwa ada cukup makanan yang tersedia untuk memastikan kelangsungan hidup kita. Ini mendorongnya untuk tetap rileks, yang pada gilirannya, mendorong tidur nyenyak.

Beberapa ide bagus untuk sarapan yang sehat, mengisi, dan dibuat di depan termasuk oats semalam, smoothie, dan sarapan burrito yang ramah-freezer.

Atau jika menyiapkan makanan tidak sesuai dengan pikiran Anda, persediaan makanan sarapan yang sehat namun sehat seperti sereal multigrain, yogurt, dan buah: 20 Pilihan Sarapan Sehat yang Akan Menghemat Waktu Anda

5. Kualitas Tidur Yang Buruk
Kita semua tahu bahwa penting untuk mengakhiri beberapa jam sebelum tidur. Tetapi tahukah Anda bahwa itulah yang Anda lakukan sepanjang hari yang mempromosikan tidur berkualitas baik? Bukan hanya tentang berapa jam Anda tidur, tetapi seberapa nyenyak dan dalam tidur itu.

Untuk merasa beristirahat, cobalah untuk mengatur rutinitas sehari-hari Anda untuk membuat tidur Anda lebih dalam dan lebih baik. Bangun pada waktu yang teratur di pagi hari untuk memastikan Anda mendapatkan sinar matahari secara teratur.

Makan makanan bergizi dalam jumlah sedang, dan pastikan Anda tetap terhidrasi. Pergi tidur pada saat bersamaan. Dan sebelum tidur, hindari layar yang dapat mengeluarkan cahaya biru yang berbahaya dan juga membuat Anda terangsang ketika Anda perlu mempersiapkan untuk malam yang tenang.

Baca lebih lanjut tentang cara mengembangkan rutinitas yang akan membuat Anda lebih baik tidur: Kualitas Tidur Buruk Berasal dari Semua Hal yang Anda Lakukan Sejak Pagi

6. Sleep Apnea (A Person’s Airways Dapatkan Diblokir ketika Mereka Tertidur)
Sleep apnea adalah gangguan tidur umum di mana saluran udara seseorang diblokir ketika mereka tertidur, menyebabkan kadar oksigen turun ketika mereka tertidur. Ini sering menyebabkan orang berhenti bernafas di malam hari dan kemudian menyentak sendiri bangun (ini bisa terjadi lebih dari 30 kali per jam).

Karena itu, orang-orang dengan sleep apnea dapat merasa sesak napas dan memiliki tingkat energi yang rendah. Corong dan perangkat lain untuk membantu pernapasan serta penggunaan mesin pernapasan khusus untuk menjaga kadar oksigen dalam zona aman.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu dan berpikir Anda mungkin mengalami sleep apnea, konsultasi dengan dokter penting. Lakukan studi tidur, karena ini sering dapat mengungkapkan jika ada masalah mendasar yang menyebabkan kelelahan Anda – dan setelah diagnosis dibuat, perawatan untuk membantu Anda mendapatkan kembali energi Anda dimulai.

7. Depresi
Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang paling umum di Amerika Serikat (dan di banyak negara lain di dunia). Hal ini ditandai dengan perasaan sedih atau ketidakbahagiaan yang terus-menerus tetapi juga memiliki gejala fisik. Selain kelelahan, orang juga dapat mengalami perubahan dalam kebiasaan tidur dan makan serta kesulitan berkonsentrasi.

Banyak orang juga mendapat manfaat dari kegiatan seperti yoga dan meditasi, yang membantu mengatur tubuh dan pikiran.

8. Hypothyroidism
Jika seseorang mengalami hipotiroidisme, kelenjar tiroid mereka tidak menghasilkan kadar hormon-hormon penting ini — dan hasilnya bisa berupa kelelahan yang terus-menerus dan tak kenal lelah, bahkan jika seseorang cukup tidur. Gejala umum lainnya dari gangguan ini termasuk perubahan suasana hati, penambahan berat badan dan rasa dingin sepanjang waktu.

Untungnya, pekerjaan darah sederhana dapat mengungkapkan jika ada masalah dan dapat diobati dengan pil hormon tiroid buatan seperti Synthroid. Periksa di sini untuk tanda-tanda mengalami masalah tiroid. Jika Anda menduga bahwa Anda mungkin mengalami hipotiroidisme, bicarakan dengan dokter Anda.

9. Anemia
Orang dengan anemia tidak mampu membuat sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh mereka. Ini sering karena kurangnya nutrisi seperti zat besi atau B-12 dan dapat disebabkan oleh masalah seperti periode yang berat, perdarahan di saluran pencernaan atau kehamilan (karena meningkatnya tuntutan bayi yang sedang tumbuh).

Namun, dalam banyak kasus, ini dapat diatasi dengan perawatan seperti perubahan diet, suplemen zat besi atau suntikan B-12.

Meskipun ada beberapa minuman yang dapat Anda coba untuk meredakan gejala Anemia, sebaiknya lakukan tes darah dan konsultasikan dengan dokter Anda jika ada kondisi medis yang tersembunyi.

10. Kanker
Meskipun Anda tidak boleh panik tentang kanker hanya karena Anda lelah, itu adalah fakta bahwa kelelahan adalah salah satu gejala kanker. Gejala umum lainnya dapat mencakup penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan adanya benjolan atau pertumbuhan yang teraba. Penyakit ini ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali yang dapat merusak jaringan sekitar dan kemungkinan menyebar ke bagian lain tubuh.

Diagnosis biasanya dengan biopsi dan perawatan sering berfokus pada radiasi, kemoterapi atau pembedahan — dan umumnya ketika diagnosis dibuat lebih awal, hasil untuk pasien lebih baik.

Leave your thoughts

Lorem ipsum dolor sit amet, at fierent atomorum usu, ne sit tota ignota, an interpretaris eirmod vix.

Categories

Archives