Let’s travel together.

9Trik Jitu Menghafal Lebih Banyak dan Lebih Cepat yang Bisa Kamu Terapkan

52

Blombers, Kamu tipe orang yang susah menghafal?? Udah hafal satu, eh lupa lagi yang satunya.  Yuk, cek artikel berikut ini. Lombalomba bakal kasih kamu 9 tips jitu biar gampang ngafal lebih banyak dan lebih cepat. Apa aja? Check This Out!

Eits, sebelum memulai, kenali dulu gaya belajar Kamu. Dalam artikel ini, Kamu akan belajar cara menguasai seni mengingat sehingga Kamu dapat mulai menghafal satu ton data dalam waktu singkat. Haa satu ton?? Iyaa!

Nah, sebelum mulai, Kamu perlu menetapkan sesuatu: apakah Kamu seorang pembelajar dari audio, visual, atau pengalaman?

Jika Kamu seorang pembelajar dari audio, maka cara paling efektif buat Kamu untuk memahami informasi adalah dengan mendengarnya. Pembelajar visual senang melihat sesuatu untuk mempelajarinya. Sedangkan, jenis pembelajaran eksperiensial lebih mirip dengan belajar dari peristiwa dan pengalaman (atau, mempraktikkan sesuatu dari materi).

Sebagian besar dari kita adalah kombinasi dari setidaknya dua kategori pembelajar. Okedeh, langsung aja ya  Kita bahas langkah-langkahnya. Yuk disimak ya Blombers.

#1: Persiapan

Untuk mengoptimalkan sesi hafalan Kamu, perhatikan lingkungan mana yang sesuai dengan Kamu. Bagi kebanyakan orang, lingkungan yang kondusif sangat memudahkan untuk menghafal meskipun beberapa orang bisa juga menghafal di tempat yang ramai dan sedikit bising. Artinya, standar setiap orang berbeda-beda. Cari tahu apa yang paling kondusif untuk pembelajaran tipe Kamu sehingga Kamu bisa memulainya.

Selanjutnya, mulailah minum teh. (Lho, Kok teh? ) Jadi, berdasarkan penelitian, teh apalagi teh hijau mampu menjadi katalis alami untuk meningkatkan memori. Secara mekanisnya, kemampuan kita untuk mengingat sebuah informasi datang dari kekuatan tiap neuron dalam pikiran kita, yang dihubungkan oleh sinapsis. Semakin banyak Kamu berolahraga sinaps (pengulangan), semakin kuat kemampuan untuk menghafal. Seiring dengan bertambahnya usia, bahan kimia beracun akan merusak neuron dan sinapsis kita, yang menyebabkan kehilangan ingatan, bahkan Alzheimer. Teh hijau mengandung senyawa yang menghalangi toksisitas dan menjaga sel-sel otak Kamu sehingga bekerja dengan baik lebih lama.

#2: Rekam apa yang Kamu hafalkan

Ini sangat berguna jika Kamu mencoba menghafal informasi dari sebuah seminar atau ceramah. Gunakan perekam suara untuk melacak semua fakta yang diperoleh atau yang sedang diucapkan dan dengarkan kembali.

Jika Kamu mencoba menghafal suatu pidato, rekam diri Kamu ketika membaca pidato dengan suara keras dan dengarkan hasil rekaman Kamu. Jelas, ini sangat membantu bagi pelajar auditori, tetapi juga berguna untuk tipe pembelajar lainnya karena Kamu akan semakin banyak menyerap informasi yang mempercepat proses menghafal.

# 3: Tulis Semuanya

Sebelum Kamu mulai mencoba mengingat semuanya dari memori, tulis dan tulis ulang informasi. Ini akan membantu Kamu menjadi lebih akrab dengan apa yang Kamu coba hafalkan.

Melakukan hal ini sambil mendengarkan rekaman Kamu juga dapat membantu Kamu mempertahankan banyak data. Ini sangat berguna juga untuk pembelajar dengan tipe pengalaman.

# 4: Buatlah Catatan Berskema

Sekarang setelah Kamu menuliskan semuanya dalam satu set catatan, pisahkan menjadi beberapa bagian. Ini sangat ideal untuk pelajar visual, terutama jika Kamu menggunakan kode warna untuk membedakan antara subjek. Ini akan membantu Kamu untuk mengkotak-kotakan informasi yang sedang direkam di otak Kamu.

# 5: Terapkan Pengulangan Ke Penghafalan Kumulatif

Untuk setiap baris teks, ulangi beberapa kali dan cobalah mengingatnya tanpa melihat. Saat Kamu menghafal setiap rangkaian teks, jadikan kumulatif dengan menambahkan informasi baru ke hal yang baru saja Kamu pelajari. Terus lakukan sampai Kamu hafal bagian tersebut dan Kamu dapat mengingat semuanya. Jangan pindah ke bagian lain sampai Kamu benar-benar mengingatnya. Sebagian besar metode ini cocok untuk pembelajar visual, tetapi jika Kamu menghafal sambil berbicara keras, maka Kamu yang auditori bisa menerapkan metode ini.

#6: Tuliskan Apa yang Sudah Kamu Ingat

Sekarang Kamu dapat mengingat seluruh bagian, tulis kembali apa yang sudah Kamu ingat. Tentu cara ini akan memperkuat semua ingatan Kamu.

# 7: Ajarkan Kepada Seseorang (atau Diri Kamu Sendiri)

Metode yang paling efektif dalam mengingat adalah mengajarkan informasi itu kepada orang lain. Kamu dapat melakukan ini dengan berbagai cara. Kamu dapat berbagi pengetahuan kepada seseorang yang duduk tepat di depan Kamu (atau cermin saja jika Kamu nggak ketemu orang yang pas atau jika suasana sedang tidak memungkinkan)

# 8: Dengarkan Rekaman Secara Terus-Menerus

Saat melakukan tugas-tugas yang tidak terkait seperti mencuci atau sedang mengemudi, ulangi lagi informasi dengan mendengarkan rekaman-rekaman Kamu. Ini tentu saja sesuai dengan pembelajar pendengaran tapi boleh juga diterapkan untuk tipe pembelajar lainnya.

# 9: Istirahat

Akhirnya, biarkan pikiran Kamu bernafas. Keluar dan berjalan-jalanlah sebentar tanpa memikirkan apa-apa untuk kembal menyegarkan pikran Kamu. Kamu akan mengetahui apa yang benar-benar Kamu ketahui dan hal ini juga akan membantu Kamu fokus pada bagian yang mungkin Kamu paling lemah.

Nah, Gimana Blombers? Tips nomor berapa aja nih yang cocok atau yang biasa Kamu terapkan? Oiya, sedikit tambahan nih Sob, semakin banyak panca indera yang Kamu libatkan dalam proses mengingat, maka akan semakin banyak stimulus yang Kamu terima, sehingga akan semakin kuat pula ingatan yang coba Kamu hafalkan.  Jangan lupa, share artikel ini jika Kamu rasa bermanfaat yaah 😊