Let’s travel together.

ACFFEST 2018 KPK Anti Corruption Film Festival

Deadline: 20 Agustus 2018

29,223

Info Lomba Film Agustus 2018 | Lomba Film Pendek berikut ini kembali diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, pada bulan Agustus – Oktober 2018. ACFFest adalah singkatan dari Anti Corruption Film Festival atau Festival Film Anti Korupsi yang pada tahun 2018 ini akan kembali digelar pada bulan Oktober 2018 setelah vaccuum selama dua tahun.

Festival Film Anti Korupsi 2018 kembali menjadi sebuah ajang kreasi, eksibisi, dan forum diskusi yang digagas, serta dijalankan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ACFFesT 2018 digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat pada perilaku antikorupsi, menanamkan perilaku antikorupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye gerakan antikorupsi melalui media film.

ACFFesT 2018 membuka kesempatan untuk para pembuat film mengirimkan ide film dalam bentuk proposal. Proposal terpilih akan mendapatkan dana produksi sebesar Rp20.000.000. Selain mendapatkan bantuan dana produksi, pembuat film juga berhak mengikuti Movie Camp, Coaching Clinic dari pembuat film profesional, fasilitas online editing di Jakarta, dan pendampingan mentor lokal di daerahnya masing-masing saat produksi film.

 

Syarat & Ketentuan

  1. Peserta adalah Warna Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 15 tahun.
  2. Proposal yang diterima adalah film pendek fiksi, yang mengangkat tema ANTIKORUPSI dan/atau mengandung muatan nilai-nilai antikorupsi, antara lain: kejujuran, kepedulian, kemandirian, keadilan, tanggung jawab, kerja sama, sederhana, keberanian, dan kedisiplinan.
  3. Durasi film 10-15 menit.
  4. Proposal harus memuat penjelasan tentang film, minimal berisi:
    • Logline
    • Sinopsis
    • Karakterisasi tokoh (referensi calon pemain)
    • Lokasi syuting
    • Daftar kru inti beserta CV masing-masing
    • Jadwal produksi (dalam kurun waktu 2 (dua) bulan September – Oktober 2018)
    • Kontak tim produksi/komunitas
  5. Tim inti yang terlibat sudah punya pengalaman membuat film minimal 1 (satu) film pendek dengan mencantumkan link video pengalaman dalam proposal.
  6. Formulir dan proposal dikirimkan melalui email: acffest.info@gmail.com; dengan subjek email: Proposal Film ACFFest 2018 (spasi) (Judul Film), paling lambat 20 Agustus 2018 pukul 23.59 WIB.
  7. Peserta boleh mengirimkan proposal film lebih dari 1 (satu).
  8. Tim Seleksi akan memilih 7 proposal film pendek fiksi yang akan mendapatkan fasilitas biaya produksi dari KPK, movie camp, dan fasilitas online editing di Jakarta.
  9. Film yang diproduksi akan mendapatkan pendampingan teknis dari mentor lokal yang ditunjuk oleh panitia.
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui website, media sosial, dan juga akan disampaikan kepada tim film terpilih melalui email, SMS, atau telepon.
  11. Perwakilan tim film terpilih wajib mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan oleh KPK antara lain movie camp, fasilitasi online editing, dan movie premiere ACFFest 2018 di Jakarta.
  12. Fasilitas biaya produksi akan diserahkan kepada tim secara bertahap sesuai dengan tahapan produksi yang disepakati dengan KPK.
  13. Produksi film akan dilakukan dalam kurun waktu 2 (dua) bulan, yaitu pada bulan September-Oktober 2018. Hasil produksi film harus diserahkan kepada panitia paling lambat 31 Oktober 2018.
  14. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Executive Producer Film berhak menggunakan hasil film untuk keperluan pendidikan, sosialisasi, dan kampanye antikorupsi di berbagai media dan fasilitas publik tanpa batas waktu dan akan dipergunakan untuk kepentingan non komersial.
  15. KPK dan pembuat film memiliki Hak Cipta atas film yang diproduksi.
  16. Informasi lebih lengkap mengenai ACFFest 2018 dapat menghubungi panitia via e-mail: acffest.info@gmail.com atau nomor telepon selaluler: 0877 7612 2223.
  17. Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.